Selasa, 30 Oktober 2012

Who Is It? (part 1)




 *Pengalaman didasarkan atas kisah nyata*

WHO IS IT ???

Gumpalan-gumpalan awan mendung mulai menutupi sinar mentari yang semula menyinari hari Sabtu siang ini. Sesekali juga terdengar suara petir bergemuruh pelan beserta semilir angin yang cukup kencang. Langit mulai tampak gelap, walaupun jam sebetulnya baru menunjukkan pukul 12.00 siang.

“BAKSO BAKSO !! Tek tek tek tek tek tek ! BAKSO BAKSO ! ENAK ASLI MALANG ! BAKSO !”
“Eh, vhile. Ada bakso tuh, berenti’in dong. Gua mau beli.”
“oh, lu mao?”
“Yo’a, laper gua sist.”
Seorang permpuan berlari kecil menuju luar rumah.
“BANG ! BAKSO, BANG !” panggilnya
“OKE NENG.” Penjual bakso itupun berhenti tepat didepan rumah perempuan itu
Perempuan itu kembali memasuki rumahnya menghampiri kelima temannya yang sedang duduk mengobrol.
“Noh abangnya udah didepan, sapa ajah yang mau beli?”
“Semuanya beli, vhile.”
“Oh, ya udah lu pada pesen sendiri-sendiri ajah gih. Bentar gua ambil mangkok dulu.”
“Siap, bos !”
“Gak pake mangkok abangnya ajah, Vhile?”
“Enggak, pake mangkok sendiri ajah.”
“Okay.”

Perempuan pemilik rumah itu bernama Nhavile. Selain dia ada lima perempuan lain yang mereka semua adalah Aura, Tiffany, Apro, Miechie, dan Callista. Mereka semua sengaja berkumpul untuk merayakan keberhasilan mereka dalam berkompetisi antar sekolah kemarin.

“Fan, lu mau pake sambel gak? Tanya Apro
“Pake lah, Tolong kasihin sambel yang buanyak, pro. Gua lagi pengen pedes.”
“Inget perut. Tar, sakit lagi.”tegur Miechie
“Ra, nih bakso lu.” Panggil Apro
“Thank you.” Balas Aura yang langsung membawa baksonya keteras rumah
“Astaghfirullah al adzim, Nhavile ! Lu gila ya, sambel ama saus lu banyak amat sih ! Tar maag lo kambuh lagi, baru nyaho.”
“Ye’elah, chie. Bakso kagak bakalan manteph kalo gak pedes. Taancapp !” kata Nhavile sambil terus menuangkan sambal ke mangkoknya
“Vhile ! Udah sambelnya jangan banyak-banyak !”
“Iihh, chie. Lu bawel deh.”
“Ckckckckck, itu bakso atau lautan sambel, vhile?” komentar Callista
“Au’ tuh, ta. Bilangin temen lu tuh. Tar, maag nya kambuh lagi, ngadu dah.”
“Et’ dah lu pada tenang ajah napa, perut gua nahan kok. Udah deh jangan pada bawel.”
“Terserah lu dah, vhile.”sahut Miechie
“Iya, neng. Bener kata temennya, pake sambelnya tuh jangan banyak-banyak.” Sahut abang bakso
“Tuh, tukangnya ajah dukung gua. Soalnya dia tahu kalo pake sambel banyak-banyak bisa bikin maag . Ya kan, bang?”
“Bukan. Bukan gitu neng, maksudnya. Maksud saya mah, si eneng jangan banyak-banyak pake sambelnya. Soalnya saya udah keabisan sambel ini, tuh liat tuh, ludes kan sambelnya.”
“Au’ ah bang. Emang udah nasib lu kali.” Ejek Callista
“Yah, si eneng ngeledek.”
“Nih bakso harganya semangkok berapa bang?” tanya Tiffani sambil mengeluarkan selembar uang kertas lima puluh ribuan dari dompetnya
“tujuh ribu, neng.”
“Ajiiibbb !! kita mau dibayarin ama Tiffany.” Seru Nhavile
“Tumben, fan.” Tambah Apro
“Kalo begitu, gua nambah semangkok lagi ya, fan.” Kata Callista
“Yeeee, kata sapa gua mau bayarin lu pada. Orang gua mau bayar bakso gua. Yee.”
“Yaaaaaaahhhhhhhh….” secara serempak
“Lagian lu semua pada ge-er amat sih.”

Mereka pun akhirnya membayar bakso masing. Dan si tukang bakso kembali menjajakan dagangannya ditempat lain.

“Mantaph nih, bakso !”
“Yo’a. Bikin mata melek ya, pro?” jawab Aura
“Waaahh, berarti dari tadi mata lu merem dong, ra?” ledek Apro
“Aaah, sialan lu. Ngeledek ajah bisanya.”
“Apanya yang mantep sih. Gua ajah kurang pedes.” Sahut Nhavile
“Bujug dah ! Gila lu kumat ya ,vhile. Bakso udah gak jelas rupanya gara-gara kebanyakan sambel ama saos ,masih bisa bilang kurang pedes juga. Sinting lu, vhile. Sinting.” Koment Callista
“Bodo’ ! Fan, gua minta sambel lu yak.”
“Ya udah. Tapi, jangan banyak-banyak.”
“Iyee.”
“O iya, vhile. Gua minta air dingin dong.” Kata Callista
“Ambil gih dah, sendiri. Noh ada didalem kulkas.”
“Okay.” Sambil berdiri dan berjalan masuk kedalam rumah
“Eh, elu tuh ya pada. Kalo makan tuh seharusnya kayak Miechie. Tenang nd gak berisik. Liat tuh, dia bersuara ajah kagak.” Sahut Apro sambil menunjuk kearah Miechie yang sedang asyik menikmati baksonya
“Iya doongg, kan kata Bu guru kalo lagi makan itu gak boleh sambil ngomong dan harus dinikmati dengan hikmat, biar tahu bahan-bahannya.” Jawab Miechie
“Nah, itu lo ngomong !” sahut Nhavile
“O iya, Lupa. Gara-gara lu sih, gua jadi keceplosan ngomong kan.”
“Widddiiihh, berarti lo tahu dong bahan-bahan nih bakso. Kan dari tadi lu diem ajah.” Tanya Aura
“Jelasssss. Gua mah udah tahu kalo ini bahan-bahannya adalah… bakso, mie, kuah, and sambel.”
“Yeee, kalo itu mah gua tahu. Terus bumbu-bumbunya?”
“OOOhhh jelasss…”
“Jelas, lu tahu kan chie??” tanya Apro
“Jelassss………. Gua gak tahu.”
GUBRAAAKKKKK !!!
“Terus, lu daritadi diem, ngapain ajah??!” tanya Nhavile
“Yaaa, gua makan. Masa’ gua kumur-kumur. Jangan pada gila dong !”
“Capek gua ngomong ama lu. Gua kira’in mah, lo tahu kali bumbu-bumbunya”
“Lah, kalo soal bumbu mah , Lu langsung tanya’in ajah ketukang baksonya. Kalo gua meneketehe, yang penting enak ajah dah.”
“Au’ah!” sahut Apro
“Ini yang bego sapa sih, Pro?” tanya Nhavile
“Au’ nih. Sapa sih bego??” timpal Miechie
“Barusan yang ngomong, kali.”  Sela Apro sambil memasukkan sebutir bakso kedalam mulutnya
“Wah, vhile dikatain bego ama Apro.” Timpal Miechie lagi
“Lah,kok gua yang bego??”
“Enggak, vhile. Lu taulah yang gua maksud siapa.” Kata Apro sambil melirik kearah Miechie
“Widdiiih, tuh mata jurusnya ampuh bener ya ngelirik ke guanya.” Kata Miechie
“Nah itu lo tau.”

Callista yang sejak tadi didalam rumah untuk mengambil air, kini kembali sambil membawa sebotol air dingin dan gelas ditangannya.
“Et’ dah ya ! Lu pada berisik-berisik banget sih. Suara lu pada kedengeran ampe dalam,tau.” Katanya
“Eh eh, setahu gua nih ya.. Biasanya kalo lagi mendung-mendung begini. Ghost-ghost pada hang out kayak kita juga lho.” Kata Nhavile
“Masa’ sih??” Tanya Aura
“Ya, masa gua bo’ong.”
“Kalo ghost-ghost pada hang out, kira-kira mereka pada beli bakso kayak kita gak, ya?”
“Lu pikir sendiri ajah, chie. Gua sih gak mau ikutan gila kayak lu, ya.” Kata Tiffanny
“Kok gitu sih Tiffany sayang,, aku jadi sedih dengernya.. Hoeeeksss !!! Ihh ihhh ihhh geli gua jadinya.” Ledek Miechie sambil berekspresi konyol
“Miechie teggaa.” Balas Tiffanny
“Ahahahaha, becanda kok.”
“Eh udah udah, nih anak dua pada bawel ajah. Ngomong-ngomong soal ghost, gua pernah tuh berurusan ama tuh makhluk.”
“hah? Beneran, vhile? Gak bokis kan lu?” heran Apro
“Cerita dong cerita. Kayaknya seru nih.” Tambah Aura
“Ah males ah !,, Please dong jangan cerita kaya gituan.” Seru Tiffanny
“Iih gak apa-apa kale. Bisa jadi nih cerita seruuu.”
“Iya ! Udah cerita’in ajah, vhile.”
Dengan menggebu-gebu Apro dan Aura menatap Nhavile
“Ya udah deh, gua tutup kuping ajah.” Kata Tiffanny sambil menutup kedua telinganya dengan telapak tangannya
“ Gini nih ceritanya.”
“Iiiih sumpah serem serem banget ! Sumpah !!” Miechie berucap dengan ekspresi merasa takut
“Gua belum mulai cerita, chie !”
“Oh, belum ya? Oh ya udah, silahkan lanjutkan.” Kata Miechie sambil tertawa
“Riweh deh lu.” Tambah Callista, Miechie hanya tertawa mendengar keluhannya
“Jadi, begini…………………………”




v   
                                     
Cerita Nhavile………..

Siang hari yang cerah….
“Hadoooohh, panas amat sih nih hari ! Kagak ada adem-ademnya dikit apa ya?! Kalo begini caranya bisa-bisa jadi Nhavile Barbeque nih gua ! Ngadem dulu ajah dah.”

Nhavile menghampiri sebuah pohon yang amat besar dan tua. Kemudian, ia berdiri bersandar dipohon itu.
“Adem juga disini. Mana…, perjalanan kerumah masih jauh lagi. Elah ngapa pake acara panas begini sih!”
Ditengah kekesalannya, ia mengambil sebotol air dari dalam tasnya kemudian meminumnya
“Hah,segerrr ! Lanjutkan perjalanan !”

Dengan tergesa-gesa ia berjalan dan mengambil jalan pintas agar lebih cepat sampai dirumah. Sesampainya dirumah ia sedikit terkejut karena ternyata hari itu saudara-saudaranya yang juga dalah kakak-kakak kandungnya juga tengah berkumpul dirumahnya.
“ASSALAMU’ALAIKUM !”
“Wa’alaikumsalam. Baru pulang, vhile?”
“Iya nih,mbak. Kapan sampe?”
“Tadi jam 11an.”
“Ouh.” Nhavile sibuk melepaskan sepatunya dan lalu menaruhnya disebuah rak sepatu berukuran sedang disampingnya. Tanpa ia sadari, kakak perempuannya sedari tadi terus memperhatikannya.
“Eh, kamu ! kenapa mengikuti adik saya?!” tegur sang kakak
Mendengar teguran itu, Nhavile menatap bingung kakaknya, ia melihat kesana kemari untuk mencari orang yang tengah ditegur oleh kakak perempuannya.
“Mbak, ngomong apa sapa??” tanyanya sembari masih celingak-celinguk
“Jawab !! Kamu kenapa mengikuti adik saya !!?” mendengar bentakan sang kakak itu, Nhavile sedikit melangkah mundur ketakutan.
“Mbak, kenapa sih?”
“Kamu gak ngerasa diikutin apa?”
“Diikutin siapa?… tadi sih emang ngerasa ada yang nyantol-nyantol, tapi ternyata tali layangan yang nyantol. Emang kenapa sih,mbak??”
“Ih, dodol.. bukan tali layangan maksud mbak, tapi makhluk halus !”
Nhavile semakin terkejut mendengar penjelasan sang kakak, dan dengan segera ia berlari kebelakang badan saudaranya itu.
“Percuma dah, mau lari keujung dunia sekalipun, tuh makhluk ngikut terus ama kamu.”
“Ah yang bener lu, mbak… terus gimana dong, bulu roma dah merinding disco neh! jangan nakut-nakutin gitu napa.”
“Yee, dibilangin ngeyel.”
“Ya, terus gimana dong??”
“Udah jangan panik, duduk dulu dah. Mbak tanya-tanya dulu.”
“Oooh, mau wawancara gitu ya, mbak?”
“Au’ah, berisik kamu. Mau ditolongin kagak neh?”
“Eh, iya iya iya.”
Jadilah Nhavile mendengarkan pertanyaan demi pertanyaan kearahnya, walaupun sebenarnya semua pertanyaan itu bukan untuknya.
v   
“Terus, akhirnya gimana tuh?” tanya Apro
“Yaa, akhirnya tuh makhluk mau juga pergi.”
“Lah caranya gimana terus kenapa tuh makhluk ngikutin elu?”
“Tuh makhluk dibaca-baca’in do’a ama mbak gua itu. Terus pas gua tanya, kenapa tuh makhluk ngikutin.. mbak gua bilang, gara-garanya gua nyenggol dia pas istirahat dibawah po’on tadi.”
“Hah?? Serius? Jadi, cuman gara-gara kesenggol doang ampe kayak geto?” tanya Tiffany tak percaya
“Iyeee.”
“Terus terus, gimana lagi ceritanya setelah itu?” Kata Tiffany dengan antusias
“Jiahhhh, perasaan tadi elu kagak mau dengerin neh cerita dah.. tapi ngapa sekarang jadi elu yang semangat benerrrr?” kata Aura
“Biarin aja kenapa, kan lagi seru nih ceritanya.” Balas Tiffany
“Yaa, akhirnya tuh ghost balik keasalnya.”
“Vhile, emangnya saudara lo itu punya kekuatan begituan yak?” tanya Miechie
“Iya, dia punya kekuatan indra keenam gitu.”
“Oh, kekuatan indra keenam toh. Kira’in punya kekuatan power ranger.”
“Hah??”
“Ahahaha, becanda kok. Kekuatan indra keenam begitu pasti turun temurun kan?”
“Iye, kakak gua dapet itu dari kakek gua nd katanya juga sih ya, gua juga bisa ngerasa’in yang begitu-begituan.”
“Tapi, selama ini lu ngerasa’in juga kagak?”
“Yaaa, kadang-kadang sih. Kalo lagi sial yaa gua bisa ngerasa’in.. tapi kalo gak, yaa masa bodo amatan dah.”
“Wuaah, berarti kapan-kapan boleh dong tuh elu didaftarin diacara pemburu hantu.” Sela Callista
“Jadi apanya? Pemburu hantunya?”
“Yaa, bukanlah.. yang lebih baek geto.”
“Apa’an?”
“Jadi tukang yang manggil-manggilin hantunya, biar tuh acara jadi laku…kan lumayan elu bisa dapet honor gede, abis itu traktir kita-kita dah.”
“Gila lu yak, sompret emang lu !”
“Hahahahahahahahahahahaha…”
“Eh ngemeng-ngemeng soal ghost, gua juga punya cerita sendiri lhoooo.” Kata Aura
“Apa’an tuh?? Cerita’in dong cerita’in..” seru Tiffany
“Serem nih kayaknya.” Tambah Miechie
“Sssttt, gini nih ceritanya… waktu itu…”


Tidak ada komentar:

Posting Komentar